Senin, 01 Mei 2017

Tugas Kelas VIII Sem II 2017

Membuat Stempel dengan Corel Draw

1. Pertama-tama buka lembar kerja Corel Draw. Pilih ukuran kertas A5

2. Buat lingkaran menggunakan 1) Ellipse Tool (F7) lalu drag (tarik sudut kiri atas ke kanan bawah), pakai ukuran 3 cm (30 mm). Untuk memastikan ukuran agar presisi panjang dan lebar objek harus sama, lihat di 2) Size Tool,  klik Size Tool (logo gembok) untuk mengunci ukuran panjang dan lebar dengan prosentase 100%. bila sudah, klik objek (lingkaran) yang baru di buat lalu taruh di tengah-tengah lembar kerja (Ctrl + P), ini penting untuk menyesuaikan tingkat presisi objek dimana dalam proses selanjutnya akan ada beberapa lingkaran yang saling berhimpitan.






























3. Objek lingkaran sudah di tengah, lalu buat 3 lingkaran lagi.  Bisa dengan Copy dan Paste objek (Ctrl + C > Ctrl + V) atau Duplikat (Ctrl + D). Lalu sesuaikan ukurannya seperti gambar dibawah ini. idealnya setiap lingkaran di beri selisih ukuran 1 sd 2 mm. (saya pakai 30 mm untuk tepi luar, 28 mm untuk tepi luar dalam dan 20 mm untuk lingkaran tengah.














4. Sesuaikan juga ukuran Outline di kolom Outline Width 



















5. Sekarang memasukkan teks ke objek, caranya buat satu lingkaran lagi sebagai lingkaran bantu. Beri ukuran dengan silisih 1 s/d 2 mm dari lingkaran tengah ( line merah )
6. Klik lingkaran ke 4 (warna ungu) lalu Pilih Text Tool (F8) arahkan mouse tepat ke garis bantu outline lingkaran (bila tepat akan muncul kode seperti di gambar (icon edge). Hal ini dilakukan agar tulisan mengikuti kontur lingkaran (melengkung).













7. Ketikkan kata  SMP ISLAM AL AZHAAR (atas) - TULUNGAGUNG (bawah)

Sesuaikan ukuran FONT hingga terlihat proporsional dan penuh di space.

Catatan :
  1. Untuk mengatur ukuran font double click pada objek yang terdapat teks lalu drag hingga ukuran dirasa pas dan proporsional.
  2. Apabila teks yang dimasukkan terlalu pendek maka gunakan Shape Tool (F10) untuk memberi jarak (kerapatan) huruf dalam teks. Geser (drag) dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

8. Bila dirasa posisi teks sudah pas (presisi) maka llingkaran bantu dapat di hilangkan caranya convert teks ke bentuk curve (Ctrl + Q) maka antara lingkaran bantu dan huruf sudah terpisah. Hapus/Delete (Del) lingkaran bantu.

9. lakukan langkah yang sama untuk kata yang di bagian bawah. (eks = TULUNGAGUNG). Namun diameter lingkaran adalah berjarak 1 - 2 mm dari lingkaran tepi luar dalam. Huruf yang di masukkan biasanya menghadap ke bawah, gunakan tool Mirror Text dan sesuaikan horizontal dan vertikalnya. lalu gunakan teknik 7.1 dan 7.2 untuk menyesuaikan ukuran font serta jarak huruf.

10. Tambahkan ornamen bintang di Stempel yang kita buat untuk mempertegas perbedaan antara teks atas dan teks bawah. Pilih Star Tool > Drag letakkan di antaranya pada ruang kosong kiri dan kanan (lihat gambar).

SELAMAT MENGERJAKAN

Tidak ada komentar: