Selasa, 23 Februari 2010

Tips Terapi Dengan Air Putih

Air putih tidak hanya berfungsi menghilangkan dahaga disaat kita haus saja. Namun juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita yang bisa diperoleh dengan meneguk air putih. Manfaat tersebut diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, kecantikan, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Bahkan, dengan metode terapi, air dapat dipergunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit

Beberapa penyakit yang sudah terbukti dapat disembuhkan dengan melakukan terapi ini antara lain : Kegemukan, Sakit Kepala, Asma, Hosthortobics, Darah Tinggi, Bronchitis, Kurang Darah, Rematik , Batu Ginjal, Penyakit Saluran Kencing, Radang / Sakit persendian, Kelebihan Asam Urat, Leukimia, Radang Selaput Lendir, Diare, Gangguan Jantung, Disentri, Mabuk, Pusing, Gamang , Ambeien, Radang Tenggorokan , Batuk, dan Sembelit.


Air putih bekerja dengan cara memurnikan tubuh. Dengan meminum cukup air dengan metode yang benar usus besar akan bekerja dengan lebih efektif. Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap optimal. Gizi makanan tersebut diubah menjadi darah baru yang segar.


Cara melakukan terapi air putih ini cukup mudah. The British Dietetic Association menyarankan orang dewasa minum 2,5 liter air setiap hari termasuk jus buahan-buahan, teh dan kopi. Sebanyak 1,5 liter dari jumlah ini adalah air putih. Jumlah asupan cairan tersebut disarankan untuk menjaga kebutuhan cairan sehari-hari. Jika anda tengah menjalani program diet, tambah sebanyak 750ml.


Pagi hari ketika Anda baru bangun tidur (bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu), minumlah 1,5 liter air, sekitar 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar dahulu sebanyak 1,5 liter. Setelah itu Anda boleh mencuci muka.


Hal yang sangat penting diketahui, jangan minum atau makan apa pun satu jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air ini. Juga telah diteliti dengan seksama, bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya. Bila perlu, gunakanlah air rebus atau air yang sudah disaring.


Untuk permulaan, mungkin terasa sulit meminum 1,5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa juga. Mula-mula, ketika latihan, Anda boleh minum 4 gelas dulu dan sisanya yang 2 gelas diminum dua menit kemudian. Awalnya Anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tapi setelah beberapa lama, akan normal kembali.


Agar terbiasa minum air dalam jumlah yang disarankan dapat juga disiasati dengan menyiapkan air di meja kerja alih biskuit dan snack. Jika minum air terasa kembung, minumlah saat anda haus, ketika bangun pagi, ketika makan, selama olahraga, bawalah air kemasan kemanapun anda pergi.


Terapi air ini sesungguhnya merupakan pendekatan "low-tech" ia mengandalkan diri pada respon-respon tubuh. Bagian-bagian tubuh tertentu bila mendapat rangsangan air panas atau dingin akan memberikan efek-efek refleks pada sirkulasi daerah-daerah yang lebih jauh. (sumber: surabaya-ehealth.org)

1 komentar:

shane tjia mengatakan...

kalau orang kurus menjalankan terapi ini, bakalan tambah kurus ga ya? Terapinya bagus sekali, sih... saya yakin. Tapi saya sudah cukup kurus, jangan2 nanti malah tambah kurus? Biasa sih minum 2 gelas doank kalo bangun tidur. Sepanjang hari biasanya minum paling sedikit 2 liter. Thanks buat postingan ttg airnya!
peace...