Bukan Sekolah Mahal, Ini Rahasia Anak Pintar Menurut Ahli Stanford

Penulis
0

 Jakarta, bocahtunggul.blogspot.com - 

https://infobanknews.com

Saat ini, tidak sedikit orang tua yang berbondong-bondong mendaftarkan buah hatinya untuk menempuh pendidikan di sekolah mahal dan bergengsi. Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan demi menumbuhkan anak yang pintar dan sukses di masa depan.

Namun, ternyata sekolah mahal dan bergengsi bukanlah rahasia utama yang bisa mendorong kesuksesan anak di masa depan. Hingga kini, belum ada satupun ahli atau penelitian yang menunjukkan hubungan antara sekolah mahal dan kesuksesan anak.


Ahli dari Stanford University, Mary C. Murphy mengungkapkan bahwa ada satu rahasia untuk membesarkan anak sukses yang jarang diketahui orang tua dan jarang terlintas dalam pikiran. Apa itu?

Murphy yang merupakan direktur sekaligus pendiri Summer Institute on Diversity di Center for Advanced Study in Behavioral Sciences di Stanford University mengatakan bahwa cara terbaik untuk mendukung perkembangan otak dan diri anak adalah membantu mereka mengadopsi pola pikir berkembang (growth mindset) sesering mungkin.

Murphy menjelaskan, seseorang akan percaya bahwa kapasitas dan kesempatan untuk belajar tidak akan terbatas jika ia memiliki pola pikir berkembang.


Sebaliknya, bila seseorang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), yaitu pandangan bahwa bakat serta kemampuan seseorang dari lahir adalah hal permanen yang tak bisa diubah, mereka hanya pasrah dan yakin bahwa tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mengubah nasib.


Menurut Murphy, cara utama untuk membantu anak-anak agar tumbuh sukses adalah mendorong mereka untuk lebih sering menerapkan pola pikir berkembang. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan sikap, keterlibatan, dan kinerja anak-anak.


Pentingnya mengajarkan growth mindset pada anak juga diungkapkan oleh Carol Dweck, ahli parenting sekaligus penulis buku Mindset: The New Psychology of Success.


"Jika orang tua ingin memberikan hadiah kepada anaknya, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan anaknya untuk menyukai tantangan, tertarik pada kesalahan, menikmati usaha, dan terus belajar," jelas Carol, dikutip Kamis (18/7/2024).

Rindi Salsabilla, CNBC Indonesia

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*